Kamis, 29 Maret 2012

TRANSLASI

TRANSLASI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Protein merupakan produk dari aliran informasi genetik. Sel membutuhkan ribuan protein yang berbeda setiap waktu. Protein-protein ini harus di sintesis, dibawa ke tempatnya berfungsi dan didegradasi bila tidak diperlukan lagi. Sintesis protein eukariot melibatkan 70 jenis protein ribosom, 20 jenis enzim untuk mengaktifkan prekursor asam amino, 20 atau lebih enzim dan faktor protein lain untuk inisiasi, elongasi dan terminasi polipeptida; mungkin 100 enzim untuk pemrosesan protein; dan 40 atau lebih transfer dan ribosomal RNA. Secara keseluruhan, hampir sekitar 300 makromulekul yang berbeda terlibat pada sintesis polipeptida. Namun protein di sintesis dengan kecepatan yang tinggi. Polipeptida dengan 100 residu asam amino dalam E. coli (pada 37 oC), disintesis dalam waktu sekitar 5 detik. Sintesis ribuan protein yang berbeda di dalam sel di regulasi dengan ketat, sehingga protein hanya di sintesis sesuai dengan kebutuhan metabolik sel.
Untuk menghasilkan protein, langkah yang hatus ditempuh setelah diperoleh mRNA adalah proses translasi. Proses translasi ini.meliputi berbgai proses yang cukup kompleks. Untuk itu perlu sekali diketahui adanya proses detail megenai kejadian translasi baik yang terjadi pada organisme prokaryotik maupun eukaryotik.
B. Rumusan Masalah
Bagaimanakah terjadinya proses translasi dalam rangka menghasilkan protein pada prokaryot maupun eukaryot?
C. Tujuan
Untuk mengetahui terjadinya proses translasi dalam rangka menghasilkan protein pada prokaryot maupun eukaryot.








BAB II
TRANSLASI

Salah satu proses yang terjadi pada materi genetik adalah translasi. Proses translasi mengikuti dikte dari kode genetik untuk membentuk sekuen asam amino dalam produk gen yakni polipeptida yang sangat kompleks yang melibatkan sejumlah besar makromolekul. Makromolekul ii adalah sebagai berikut.
1. Lebih dari 50 polipeptida dan 3 sampai 5 molekul RNA ada di tiap ribosom.
2. Setudaknya 20 enzim aktivasi asam amino (amino asetil t-RNA sintetase).
3. 40 sampai 60 molekul tRNA yang berbeda.
4. Setidaknya 9 protein terlarut terlubat dalam inisiasi, elongasi, dan terminasi rantai polipeptida
Karena banyaknya makromolekul yang terlibat ini sebagian komponen ribosom ada dalam jumlah yang besar pada tiap sel, dan sistem translasi memegang peran penting dalam rekayasa metabolik pada tiap sel. (Gardner,dkk., 1991)
Secara definitif translasi adalah proses penerjemahan kode-kode genetic (kodon) yang ada pada molekul mRNA urutan-urutan asam amino. Hanya molekul mRNA yang ditranslasi, sedangkan rRNA dan tRNA tidak ditranslasi. Pembacaan dari sebuah molekul mRNA mulai dari sebuah titik permulaan yang tepat. Codon pertama yang dibaca adalah AUG, yang memberi tanda asam amino methionine. Dalam sel-sel bakterial, codon AUG memberi tanda methionine (Met) ketika muncul di mana pun dalam molekul mRNA. Pada beberapa bakteria, codon AUG bertindak sebagai inisiator codon yang mengkhususkan f-Met untuk memulai rantai polypeptide, meskipun ketika GUC muncul pada posis internal dalam molekul mRNA, memberi kode untuk valine. Baik itu Met atau f-Met merupakan bagian pertama dari asam amino dalam semua rantai peptide ketika mereka disintesiskan secara inisial, terminal asam amino bisa dimodifikasi secara enzimatis kemudian. Deformylase bisa memindahkan grup formyl dari formylmethionine, dan methionine amino peptidase bisa memindahkan methionine dari amino terminus dari peptide. Olehkarena itu, tidak semua polypeptides dalam mikroorganisme memiliki f-Met pada ujung terminal amino mereka (Sjahril, 2008).


1. Kode Genetik
Ketika menemukan struktur DNA, Francis Crick sudah mempertimbangkan bagaimana informasi genetik yang dikode dalam empat huruf pada DNA dapat di translasi menjadi 20 huruf pada protein. Crick beralasan bahwa asam nukleat yang berukuran kecil (mungkin RNA) dapat berperan sebagai ‘adaptor’. Salah satu bagian dari adaptor berikatan dengan asam amino tertentu dan bagian lain mengenali urutan nukleotida yang dikode oleh asam amino pada mRNA. Ide ini kemudian diverifikasi dengan ditemukannya tRNA. tRNA merupakan molekul adaptor yang berfungsi menterjemahkan urutan nukleotida dalam mRNA menjadi urutan asam amino dalam polipeptida. Keseluruhan proses sintesis protein yang dipandu oleh mRNA ini disebut proses translasi.
Setiap deretan tiga basa pada mRNA, mengkode satu asam amino spesifik disebut kodon. Terdapat empat basa pada nukleotida (A, G, C dan T) sehingga terdapat 43 = 64 kodon. Beberapa kodon mempunyai fungsi khusus. AUG merupakan kodon inisiasi yang merupakan awal suatu polipeptida, di samping AUG juga mengkode metionin dalam polipeptida. Kodon UAA, UAG dan UGA tidak mengkode asam amino dan merupakan kodon terminasi atau disebut juga stop kodon. Translasi terjadi dengan cara, setiap kodon dibaca berurutan dan tidak overlap (tumpang tindih). Kodon pertama pada gen menyediakan reading frame (pola pembacaan). Reading frame tanpa stop kodon sebelum 50 kodon disebut open reading frame dan biasanya merupakan suatu gen.

Kode pertama Kode kedua Kode ketiga
U C A G


U
Fenilalanin
Fenilalanin
Leusin
Leusin
Serin
Serin
Serin
Serin
Tirosin
Tirosin
Stop
Stop
Sistein
Sistein
Stop
Triptofan
U
C
A
G


C
Leusin
Leusin
Leusin
Leusin
Prolin
Prolin
Prolin
Prolin
Histidin
Histidin
Glutamin
Glutamin
Arginin
Arginin
Arginin
Arginin
U
C
A
G


A
Ileusin
Ileusin
Ileusin
Metionin
Treonin
Treonin
Treonin
Treonin
Asparagin
Asparagin
Lisin
Lisin
Serin
Serin
Arginin
Arginin
U
C
A
G


G
Valin
Valin
Valin
Valin
Alanin
Alanin
Alanin
Alanin
Aspartat
Aspartat
Glutamat
Glutamat
Glisin
Glisin
Glisin
Glisin
U
C
A
G
Sumber : http://cahscient.files.wordpress.com/2008/08/textbook-mikrobiologi8.doc

2. Transfer RNA (tRNA)
Seperti sudah dijelaskan di atas, proses translasi memerlukan molekul tRNA. tRNA merupakan molekul adaptor yang berfungsi menterjemahkan urutan nukleotida dalam mRNA menjadi urutan asam amino dalam polipeptida. Pada tRNA terdapat urutan tiga basa yang disebut antikodon. Antikodon ini komplemen dengan salah satu kodon. Sedangkan pada ujung 3’ tRNA terikat asam amino spesifik. tRNA yang sudah mengikat asam amino disebut aminoasil tRNA. Paling kurang terdapat 61 jenis tRNA di sitoplasma yang membawa asam amino yang berbeda. tRNA akan membawa asam amino dari sitoplasma ke ribosom, tempat dimana sintesis protein terjadi, dan antikodon akan mengenali kodon komplemennya.

3. Ribosom
Ribosom merupakan tempat sintesis protein. E. coli mengandung lebih dari 15.000 ribosom yang terdapat bebas di sitoplasma. Ribosom merupakan kompleks antara protein dan rRNA dan terdiri dari dua subunit, yaitu subunit besar dan subunit kecil. Pada bakteri subunit kecil mempunyai ukuran 30S dan subunit besar 50S, sementara pada eukariot subunit kecil 40S dan subunti besar 60S. Ribosom bakteri mengandung sekitar 65% rRNA dan 35% protein. Pada ribosom terdapat tiga situs untuk mengikat aminoasil tRNA yaitu: situs aminoasil (A), situs peptidil (P) dan situs exit (E).

4. Mekanisme translasi
Proses translasi berlangsung pada ribosom dan merupakan proses sintesis protein berdasarkan informasi yang berada pada mRNA. mRNA yang ditranslasi harus terikat pada ribosom dan pada organisme prokariot pada ujung 5’nya terdapat suatu urutan yang mengenali ribosom. Urutan ini dikenal sebagai situs pengikatan ribosom atau ribosome binding site (RBS). Proses translasi terdiri atas tiga sub proses, yaitu inisiasi, elongasi dan terminasi.
a. Translasi pada prokariot
Komponen pada tahap inisiasi organisme prokariot meliputi kodon insiasi (AUG), tiga faktor insiasi (IF1, IF2 dan IF3), tRNA inisiator (fMet-tRNA), ribosom subunit 30S dan 50S, dan GTP. Setelah diaktifasi oleh faktor inisiasi, tRNA inisiator yang membawa anti kodon CAU akan menempati situs P pada ribosom. tRNA kedua yang membawa anti kodon untuk kodon kedua memasuki situs A pada ribosom. Asam amino yang dibawa oleh tRNA kedua akan membentuk ikatan peptida dengan asam amino pertama. Setelah ikatan peptida terbentuk, tRNA yang membawa kedua asam amino akan bertranslokasi dari situs A ke situs P. Hal ini berlangsung terus menerus sampai mencapai stop kodon (UAG. UAA. UGA).
Tidak ada antikodon yang mengenali kodon terminasi. Translasi berhenti dengan adanya protein yang disebut Release Factor (RF) yang mengenali kodon terminasi. Pada prokariot terdapat tiga faktor terminasi yaitu, RF1 yang mengenali kodon UAA dan UAG dan RF2 yang mengenali kodon UGA dan UAA, sementara RF3 belum diketahui fungsinya. Pengikatan RF ini memberikan sinyal bahwa proses translasi telah berhenti. Kedua subunit ribosom akan berdisosiasi dari mRNA dan polipeptida dibebaskan dari tRNAnya.










b. Translasi pada eukaryot
Inisiasi translasi pada organisme eukariot mirip dengan inisiasi pada organisme prokariot tetapi urutannya berbeda dan melibatkan faktor inisiasi yang lebih banyak. Perbedaan tersebut disebabkan oleh karena perbedaan struktur ribosom dan kedua organisme. Faktor inisiasi translasi untuk organisme eukariot dinamai eIFs (eukaryote Initiation Factor). Komponen pada tahap inisiasi organisme eukariot adalah kodon inisiasi (AUG), lima faktor inisiasi (eIFl, eIF2, eIF3, eIF4, eIF5), tRNA inisiator (met-tRNA), ribosom subunit 40S dan 60S, GTP dan ATP. Pada eukariot tRNA inisiator aminoasil-tRNA, GTP dan eIF2 membentuk kompleks terlebih dahulu sebelum berikatan dengan subunit 40S. Setelah kompleks inisiasi terbentuk proses translasi dilanjutkan dengan pemanjangan rantai polipeptida (tahap elongasi). Mekanisme elongasi pada organisme eukariot mirip dengan mekanisme elongasi pada organisme prokariot. Tahap awal elongasi adalah pengikatan aminoasil-tRNA pada situs A melalui penggabungan dengan kodon kedua mRNA. Aminoasil-tRNA memasuki ribosom dengan bantuan faktor elongasi eEF-1 membentuk kompleks dengan GTP. Faktor elongasi merupakan protein yang berasosiasi terus menerus dengan ribosom selama penambahan asam amino pada rantai polipeptida.
Pemanjangan rantai polipeptida berlangsung terus menerus sampai mencapai kodon yang tidak dikenali oleh anti kodon yang dibawa oleh tRNA. Sel prokariot dan sel eukariot juga tidak memiliki tRNA dengan antikodon yang komplemen dengan sinyal terminasi, tetapi memiliki faktor terminasi (release factor, RF) yang mengenali sinyal terminasi sintesis protein. Pada organisme eukariot hanya terdapat satu faktor terminasi yaitu RF yang mengenali ketiga kodon stop UAG, UAA dan UGA. RF berikatan dengan kodon terminasi pada situs A ribosom dan menstimulasi hidrolisis ikatan tRNA dan rantai polipeptida pads situs P yang menyebabkan rantai polipeptida lepas dari ribosom, tRNA dilepaskan serta subunit ribosom dan templat mRNA berdisosiasi.
Pada bakteri, proses transkripsi dan translasi bisa terjadi bersamaan, karena DNA berada di sitoplasma dan semua proses replikasi, transkripsi dan translasi terjadi di sitoplasma. Bahkan mRNA yang belum selesai di transkripsi sudah mulai di translasi. Tapi pada eukariot keadaannya berbeda, karena replikasi dan transkripsi terjadi di dalam inti. mRNA kemudian di bawa ke sitoplasma untuk di translasi.
Tahap akhir dari sintesis protein adalah pelipatan dan pemrosesan. Polipeptida hasil translasi memerlukan struktur yang tepat untuk berfungsinya. Proses pelipatan protein meliputi pembentukan ikatan hidrogen, interaksi van der Waals, ikatan ionik, interaksi hidrofobik dan jembatan disulfida. Sehingga polipeptida hasil translasi yang awalnya satu dimensi membentuk struktur tiga dimensi. Selain itu beberapa protein prokariot dan eukariot juga mengalami modifikasi pasca translasi, seperti: pemotongan peptida sinyal, glikosilasi, fosforilasi, asetilasi dan metilasi (Gaffar, 2007).





BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Proses translasi berjalan melalui serangkaian kejadian kejadian yang melibatkan aktivitas enzim guna menterjemahkan kode-kode yang ada pada mRNA yang difasilitasi oleh ribosom.

B. Saran
Menambah rujukan yang lebih banayak untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat menganai kejadian translasi, sehingga dapat memahamkan para pembaca.

DAFTAR RUJUKAN

http://cahscient.files.wordpress.com/2008/08/textbook-mikrobiologi8.doc
Gaffar, Shabarni. 2007. Buku Ajar Bioteknologi Molekul. Jurusan Kimia, FMIPA Unpad. Bandung
Gardner, E.J., Simmons, M.J., Snustad, D.P. 1991. Principles of genetics. Canada: John wiley % Sons, Inc.

Sjahril, Rinaldi. 2008. Aplikasi Konsep Teknologi DNA Rekombinan pada Transfer Genetik Tanaman. Jurusan Budidaya Tanaman, Fakultas Prtanian, Unhas. Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar